SUGAR GLIDER JOEY


Joey = Bayi Sugar Glider

Sugar glider adalah hewan marsupial dia akan menyimpan joey nya di dalam kantung seperti kangguru, sugar glider milik vreedam poetra ini bisa beranak sampai 3 ekor sekaligus, hal ini sangat jarang sekali terjadi, biasanya hanya 1-2 ekor joey saja..


Indukan beranak 3 ekor joey


Sugar glider induk yang telah hamil tidak ada ciri-ciri fisik untuk mendeteksi nya, Apabila sudah IP ( In Pouch ) salah satu cara untuk mengetahui SG anda IP adalah dengan "MERABA" bagian sekitar kantong, anda akan merasakan seperti ada benjolan sekecil kacang hijau / kedelai. Jika anda merasa yakin SG anda IP, anda tidak perlu khawatir, jika SG yang anda miliki hanya sepasang, tidak perlu memisah nya dengan pejantan, pejantan akan membantu merawat dan melindungi joey tersebut, tetapi apabila se-kandang terdapat 3 ekor atau lebih betina ada baiknya anda pisah, sendirikan yang sedang hamil, karena betina lain akan memakan joey tersebut. pisah kan dengan jarak yang aman dari betina - betina lain.

Joey di makan betina lain se kandang


Walaupun begitu masih ada kemungkinan joey tersebut dimakan juga oleh induk sendiri, dan di riject.
Penyebab salah satu nya :
  • Joey dimakan induk karena induk kurang asupan nutrisi proteinnya, anda dapat memberinya Makan Supplement untuk kebutuhan nutrisinya.
  • Joey di riject karena induk stress tinggi
  • Joey di riject karena joey cacat, induk mempunyai insting kuat untuk mengetahui jika joey nya cacat,  biasanya di tandai dengan sering keluar pouch sebelum waktunya.
  • Joey di riject dan di makan oleh induk, agar bau nya tidak mengundang predator datang.
Setelah sekitar 16 hari hamil joey kluar dan langsung masuk ke dalam pouch induk, dengan di tandai induk sering menjilat daerah sekitar kantong untuk membersihan bekas darah dan lendir. Saat ini SG anda dalam keadaan IP = In Pouch, perut akan membesar dan kadang menghitam

IP = In Pouch
Induk IP dalam waktu sekitar 2 bln lamanya, selagi menunggu anda tetap harus memberi asupan nutrisi setiap hari nya, untuk sementara anda jangan membawa SG anda pergi dahulu, biarkan di dalam kandang saja untuk aman nya.dan anda harus mengawasi setiap hari jikalau joey di riject. Setelah 2 bln lama nya joey di dalam pouch induk akan keluar, karena ukuran joey sudah membesar, pouch tidak lagi cukup, Ciri - ciri joey jika sudah keluar adalah ada garis hitam dari kepala sampai ekor, saat ini SG anda sudah OOP = Out Of Pouch

OOP = Out Of Pouch
Usia joey anda saat ini adalah 0 Hari disaat pertama kali OOP, joey masi menyusu induknya 2 bln. joey akan membuka mata setelah sekitar kurang lebih 20 hari OOP, dan mulai merangkak keluar dari hidding. saat ini induk akan terlihat sangat kurus, anda harus memberi makan yang banyak dan nutrisi yang cukup,

joey 1,5 bulan
Jika joey sudah menginjak 1,5 bulan dan bisa makan sendiri, anda boleh memisahnya dengan induk. joey akan bersuara kecil seperti menangis mencari sang induk jika di pisah, Meskipun begitu jika anda tidak ingin di pisah boleh saja,

BAGAIMANA PENANGANAN JIKA JOEY DI RIJECT ?

Jika anda mengetahui joey dilantarkan atau keluar dari sarang induk anda coba kembalikan ke sarang induk lagi, anda amati, jika tidak di urus atau di buang lagi, anda harus mengambilnya dan melakukan handraise. Jika joey sudah mempunyai mulut anda masi beruntung karena masi bisa diselamatkan. Peralatan yang perlu di butuh kan adalah :

1. Aquarium Gex small atau semacam nya yang ada tutupnya
2. Handuk kecil
3. Pipet atau suntik kecil dengan ujung pentil karet
4. HPW milk replacer atau susu kucing.

Caranya : 
Jika sudah anda ambil joey tersebut anda harus lebih extra merawatnya, karena setiap 2 jam sekali harus menyuapin dengan susu,
Taruh joey di dlm tempat hangat, letakan di dalam aquarium dengan alas handuk,
lakukan cara tersebut setiap hari selama 1 bulan.

Like Funpage saya ya... Suggie BLues ( http://bit.ly/suggieblues) >

15 komentar :

  1. Gan numpang tanya nih kalo misalnya uda OOP anak sma induk boleh 1 kandang kan ? Trus wktu msi IP boleh kita ajak maen ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja gan tetap di gabung sama induk, tetapi jika induk masi galak / lum jinak saya sarankan sebaiknya di pisah, dan anda jinakan joey tersebut, agar mudah jinak. tetapi jika induk jinak tidak perlu dipisah, anda juga masi tetap menjinakan joeynya juga.

      Waktu IP sebaiknya biarkan di dalam kandang saja, takutnya kalo di ajak main bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti :
      - Induk stress bisa meriject joey nya
      - perut ketekan bisa membunuh joey
      - SG kecemplung air / jatuh / berantem / dll bisa beresiko.

      Anda harus tetap handle induk di dalam kandang agar tetap selalu jinak, dan hafal dengan anda.

      Hapus
  2. bang sebagai pemulai adopt joey jantan / betina share info nya master

    BalasHapus
  3. gan, sg ane perut bawahnya menonjol kayak ada 2 kantung gitu. itu lagi hamil apa emang udah ada anaknya (in pounch) ya?

    mohon pencerahannya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sudah IP tuh...
      Soalnya klo hamil masih sukar di lihat..

      Hapus
  4. Numpang tny :D joey sya uda 2 blnan tp di kasih bbur byi dy ga mau, pdhl ud ada gigi wlaupun blm utuh, mreka maunya nyusu. Gmn donk gan? Mohon informasinya hehe

    BalasHapus
  5. guys klo joey rejected apaan sih

    BalasHapus
  6. gan.. klo SG hamil yg jantan nya ga ush di pisahin ya thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadi kan sudah dijelaskan diatas.. gpp nnti akan dirawat jg.. tapi kalau ada 2 betina lbh baik dipisahkan

      Hapus
  7. mau tanya kalo di dalam kandang waktu SG hamil ada 3 jantan, betina nya 1, apa perlu dipisahin juga?
    caranya nggemukin SG gimana y? padahal makannya dah banyak...

    BalasHapus
  8. gan klo sg joey umur 2 minggu udh boleh di pisah belum sama induknya,soalnya induknya msi galak saya mau jinakin yang joey?

    BalasHapus
  9. Misi gan numpang tanya nih. Sg aneh jantan udaj botak dan ng mau makan, dia ngumpet melulu kalau ngelihat cahaya. Trus bulu di pantatnya (pas pangkal ekor) bulunya nga ada dan warnanya agak hitam. Kenapa ya gan? Tolong pencerahaanya di tunggu segera. Thnk gan sebelumnya.

    BalasHapus
  10. Gan, saya punya 1 pasang SG yang umurnya sudah 2 tahunan, tapi ga kenapa ga Hamil-hamil yaa. Tiap hari dikasih Bubur Soon dan kadang2 dikasih jangkrik.

    Thanks gan

    BalasHapus
  11. numpang tanya. tadinya sg saya dibagian perut bawahnya udah agak nonjol. tapi kenapa sekarang jadi rata lagi ya ? terus dibagian yg nonjolnya itu kayak basah gitu, kenapa ya ?? apa dia keguguran ?

    thanks :)

    BalasHapus